Senin, 07 Juni 2010

me.ta.mor.fo.sis


Tentunya sudah tidak asing lagi mendengar istilah Biologi yang sudah didengungkan dari kelas 3SD ini. Jika masih berasa asing, akan dijelaskan pengertiannya sebagai berikut, tapiiiii…. untuk mengurangi kadar ke-sotoy-an gw (hehe…), mari sedikit ilmiah melihat pengertian kata Metamorfosis dari Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua ,yaitu me.ta.mor.fo.sis : perubahan bentuk atau susunan; peralihan bentuk (msl dr ulat menjadi kupu-kupu). Lah trus apa hubungannya metamorfosis dengan mudagakorup atawa metamorphosis with incorruptible youths ???!
Sebagai pemuda yang ingin membawa perubahan akan adanya budaya yang tidak cukup baik di negeri ini, hal pertama yang bisa dilakukan adalah perubahan mulai dari diri sendiri. Gw sendiri selalu memotivasi diri dengan kata “metamorfosis”. Seperti yang kita tahu “metamorfosis” sebagai perubahan bentuk yang sangat cepat dan cukup ekstrem. Seperti proses metamorfosis kupu-kupu mulai dari telur, ulat, kepompong, hingga kupu-kupu. Mulai dari bentuk yang sangat sederhana, menjijikkan, buruk rupa, hingga menawan nan sedap dipandang. Yap kurang lebih seperti itulah perubahan yang mungkin bisa kita lakukan. Sebagai suatu gambaran, ketika menginginkan orang lain tertib di jalan raya dan di satu sisi kita terkadang mencoba menerobos lampu merah (Maaf pengalaman pribadi soalnya… hehe…). Mulai dari hal yang kecil yang terdengar sepele, seperti mengurangi penerobosan lampu merah (jika di jalan), mencoba datang tepat waktu lebih sering, melakukan pekerjaan sesuai porsi dan jabatannya, ataupun hal-hal remeh-temeh yang kita anggap tidak terlalu masalah jika kita langgar. Dan untuk segala hal itu adalah suatu hal yang wajar jika mengalami hal dilema dan digoda melanggar kembali, tapi kita telah memulai awalan yang baik untuk merubah adanya budaya tidak baik di negeri ini, yaitu mulai merubah diri sendiri.
Dan barangkali metamorfosis adalah kata yang tepat untuk perubahan pada diri sendiri dalam waktu yang tidak terlalu lama untuk kredibilitas diri yang jauh lebih baik. Saya percaya bahwa pemuda sekestrem apapun dapat melakukan perubahan yang positif dan tidak perlu waktu yang lama. So, mari bersama-sama bermetamorfosis :D

By Baim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar