Selasa, 29 Juni 2010

Generasi Jujur!

Waktu gue ke Jogja pada saat liburan, gue menyempatkan diri mengunjungi pakde gue di daerah Bantul. Rumahnya terbilang masih di daerah desa. Gue seneng banget ke rumah pakde gue. Biasanya, setiap malem, gue sama pakde gue pasti ngobrol, dan kebanyakan ngobrol seputar dunia pendidikan, ya maklumlah, dia itu kepala sekolah SMP di desa itu. Dan, bener, pakde gue mulai nyamperin gue, dan memulai percakapan. Suaranya yg tenang dan berwibawa mulai ngomong,
“Berapa yang ndak lulus di sekolah kamu sel?”
“Ada 3 pakde”
“Ooohh.. Tahun ini, Jogja bener” terpukul. Persentase kelulusan dikit sekali. Peringkatnya hanya beda 2 di atas NTT..”
“Kok bisa pakde?”
“Yaaah, saya kira karena TINGKAT KEJUJURAN SISWA SEKARANG LEBIH TINGGI dibanding tahun lalu. Kalau tahun lalu banyak sekali yg memakai contekan di mana”. Kalau saya lihat tahun ini, semuanya bersih. Yah, nggak apa” lah, nilainya agak kecil, yang penting JUJUR”

Percakapan yang bener” singkat itu ngebuat gue speachless beneran. Pakde gue, dengan suaranya yg tenang itu, yakin banget kalo generasi anak muda sekarang SUDAH MEMULAI MEMBUKA DIRI UNTUK JUJUR. Guecuma bisa tersenyum, dan berkata amiin...
Tapi, parah juga kalo ga lulus, tapi jujur... Jadi kita harus gimana? JUJUR tapi GA LULUS, atau GA JUJUR tapi LULUS.. Pasti banyak yg milih pilihan kedua.. Yah, mau gimana lagi? Hidup kita emang kayak udah terukur oleh angka (nilai, harta kekayaan).

Tapi gue yakin, suatu saat nanti bakal ada pilihan JUJUR dan LULUS. Kalo kita mulai sekarang untuk mengajarkan kepada siapapun dari kecil untuk JUJUR, pada saat remaja dia pasti akan menjadi PEMUDA GA KORUP, dan pada masa dewasa nanti akan jadi PEMIMPIN YANG BAIK.

By Gisella Anindita

1 komentar:

  1. yup!
    Jujur LULUS!!
    Ada pilihan itu
    Bagi yang mau berusaha!

    BalasHapus