Selasa, 29 Juni 2010

Apa yang salah dengan Indonesia?

Apa yang salah ya dengan keadaan Indonesia sekarang? Sampai-sampai semua hal bisa d jadikan lapangan pekerjaan bagi korupsi.

Tapi, mungkin tanpa kita sadari korupsi itu sudah menjadi bagian dari kegiatan kita sehari-hari. Kita mengganggap hal-hal kecil seperti, membuang sampah sembarangan, nyontek waktu ulangan, nyerobat antrian, tidak mematuhi pertauran lalu lintas itu sebagi hal yang biasa, hal yang kalau pun merugikan orang juga paling sedikit lah.

Padahal, katakanlah kita berada di posisi orang-orang yang d serobot antriannya atau yang di contek ulangannya, kita baru akan sadar bahwa melanggar hak orang lain atau membiarkan ornag lain menanggung sesuatu yang kita lakukan adalah hal yang benar-benar merugikan. Maka, ingatlah bahwa ‘Kebebasan kita melakukan sesuatu dibatasi oleh kebebasan orang lain.’.

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa ‘Rakyat adalah cerminan dari suatu bangsa.’ Dan miris ketika melihat bangsa kita sendiri memiliki keadaan dimana rakyatnya hidup di garis kemiskinan sedangkan para pemimpinnya hidup mewah.
Sudah banyak langkah yang dilakukan demi menghilangkan praktek korupsi, tapi tetap saja di Indonesia selama memiliki kekuasaan dan uang maka semua hal bisa di selesaikan lewat jalan tol.

Guys, mungkin kita tidak lagi bisa mengandalkan para pemimpin negeri ini dalam hal mengatasi pemberantasan korupsi. Mungkin sekarang saatnya kita para generasi muda ga korup menjadi penggerak dan menjadi contoh bagi banyak ornag dan kalangan masyarakat bahwa semua sector kehidupan kita akan jauh lebih baik dan lebih bermakna ketika kita bisa menghormati orang lain dan tidak merampas apa yang buak merupakan hak kita.

by Dinda, SMA Negeri 82

1 komentar:

  1. Menjadi muda: Percaya diri, tidak takut salah
    Menjadi beda: Berani menggunakan cara yang beda, yang tidak biasa
    Menjadi berbahaya: Kehadiran kita menjadi bahaya bagi mereka yang korup
    muda, beda dan berbahaya!!!

    BalasHapus