Selasa, 08 Juni 2010

Indonesia Diputarbalikkan


(via negrikartun on youtube)

Mereka yg ada di video di atas itu penegak hukum di negara kita. Tapi kok petugas yg harusnya menegakkan hukum malah melanggar hukum ya? Kalo udah gitu, siapa yg harusnya menghukum penegak hukum yang melanggar hukum? Semua bisa diputarbalikkan, apalagi di Indonesia, negara yg katanya paling "top" dlm hal korupsi.

Ada satu hal yg gue baru tau belum lama ini. Yaaa sekitar minggu lalu. Awalnya gara2 keluarga ngobrolin jalanan macet di puncak, ciawi, dan sekitarnya. Ternyata...... Selama ini sebenernya jalanan ke arah puncak itu ga macet2 banget kok. Ini kadang2 cuma taktik polisi untuk dpt uang. Caranya? Begini, jadi kalo jalanan lagi macet, polisi lalu lalang nyari mobil mewah yg lg terjebak macet. Dia turun nyamperin mobil itu dan ngetok jendela trs bilang "Maaf pak, ada yg bisa dibantu? Mungkin mau dikawal?". WOW! Emang sih mottonya "Kami Siap Melayani Anda" tapi kok bisa melayani yg engga2 ya. Jadi kalo liat mobil mewah yg dikawal polisi, bukan berarti pejabat lho, apalagi yg berplat mobil biasa krn siapa aja bisa dikawal dgn ngeluarin uang yaaa sekitar 100ribu

Yang harusnya kita pahamin: Kalo negara ini damai, aman, tentram, seharusnya polisi seneng krn tugasnya berkurang. Tapi bagi orang yg berpikiran negatif, bisa aja diputarbalikkan: Kalo negara ini aman2 aja, ga ada yg melanggar hukum (misal lalu lintas), polisi ga dapet uang tambahan dong (alias uang damai)?

Disini, gue ga bilang semua polisi berbuat curang kaya gitu. Tapi emang kenyataannya beneran ada kok dan gue harap kenyataan banyaknya polisi yg berbuat curang ga seburuk di bayangan gue. Karena minggu lalu baru aja gue kena tilang dan polisinya ga minta uang damai. Salut buat polisi2 dan instansi lainnya yg masih main "bersih"!

By Miranti Garini Darminto (connect me via twitter, facebook, or tumblr :D)

1 komentar:

  1. sebenarnya negara paman sam juga 'top' dalam kasus korupsi lo.

    BalasHapus