Senin, 05 Juli 2010

Korupsi Indonesia di mata pengusaha Arab Saudi

Sulit, itu mungkin adalah kata kata yang paling awal terucap, apa bila ada yang bertanya tentang “apakah Indonesia bisa bebas dari belenggu korupsi. Bisa aja sih sebenernya Indonesia bebas dari korupsi asaaalll,orangnya gmn dulu…hahahaha, ngomongin orang suka malu gw.you know lahh orang orang d Indonesia itu pada munafik(uppss,ga semua yaa). Lihat aja pahlawan kesiangan kita, POLISI. Bapak bapak polisi itu sebenernya baik, tappiii yaa suka ada aja yang iseng. Satu lagi yang bener “ngenes yaitu adalah SDM. Kenapa gue bisa bilang sdm adalah salah satu sumber perbuatan korupsi, karena setelah melakukan berbagai macam riset biasanya para orang tua membiasakan anaknya untuk melakukan korupsi kecil kecilan. Contoh, si mamih ngajarin anaknya supaya bilang ke papihnya kalo dia mw liburan padahal si mamih yang emank “napsu” banget liburan. Ironis kan cuyyy…

Di sini gue mau ngomongin tentang “SDM bisa di katakan sebagai faktor terjadinya tindak korupsi”. PD banget ya gue ngomongnya sotoi gini..hehehehe..SDM atau SUMBER DAYA MANUSIA menjadi momok akan kebodohan yang sering disebut sebut orang tentang Indonesia. Ada aja yang bilang “SDM di Indonesia tuh kurang,bla bla bla…….” Tapi yang ngomong ga coba buat ngebangun SDM tersebut…cape dehhh dengernya. Orang Indonesia tuh jenius jenius loh, lihat aje ibu Sri Mulyani sampe d tarik sama bang dunia buat menjabat di sana dan Indonesia, ngelepasin gitu aja..huufff…ada lagi pak Habibie yang lebih memilih tinggal di Jerman dari pada di Indonesia. Asal kamu kamu tau nih ya, pak habibie itu di jerman sangat di hormati gak kayak di negaranya sendiri.sedih kan??? Ya apa mau di kata, semuanya udah terjadi. Initinya dari semua itu adalah peduli antar sesame, bukannya uang untuk yang seharusnya malah di korupsi.

Gue ada satu cerita yang gue alami pribadi waktu mau berangkat umrah. Waktu itu kebetulan naik pesawat yang bisnis class gitu(ga ada maksud sombong ya,hehehe) dan gue ga sengaja duduk sebelahan sama orang Arab asli. Belum take off aja itu orang arab ngajak ngobrol gitu. Pertama sih pake bahasa Arab gitu tapi yak karena emang ga bisa bahasa arab ya gue ajak ngomong sunda, eh Ingris maksudnya. Udah lah kita ngobrol ngobrol panjang. Segala macem kita obrolin dari keluarga sampai Negara masing masing. Dan akhirnya dia cerita kalo dia pengusaha besar di Negara dan dia punya keluarga lama di Garut. Dia cerita kalo dia sering di minta dana sama masyarakat setempat buat bikin mushola. Gak tanggung tuh masyrakat minta dana yang kalo di sikron sama logika ga masuk abiss. Masa buat mushola yang cuma kapasitas beberapa puluh orang mereka minta dan sampai belasan ribu dollar US ke orang Arab itu. Kan ga lucu, untungnya si MR(gue manggilnya pake MR.hehehe) ini orang bisnis jadi tau mana yang bener mana yang bohong. Ga di kasih lah itu uangnya. Sebagai orang indonesia malu donk gue, masa buat tempat peribadahan sampe di korupsi juga. Tapi dia bilang kalo korupsi itu ga Cuma di indonesia kok, dan ternyata Negara se KAYA Saudi Arabia juga ngelakuin tindak korupsi dan yang ngelakuinnya adalah Rajanya sendiri. Dia kasih contoh, misalnya pendapatan minyak 10.000 barrel, nah di sini sang raja motong setengah bagian dari pendapatan minyak itu untuk dia sendiri dan bukan untuk rakyat(mungkin gara gara rakyatnya udah pada kaya kali ya.hehe). kaget gak tuh, di mana Negara seperti Arab juga ada tindak korupsi juga. Jadi kalo mw di lihat lagi, seharusnya dari awal atau bisa di bilang sedari kecil dan mumpung muda(yang udah tua, jangan mau kalah ya.hehehe) seharusnya kita udah di ajarin JUJUR supaya kedepannya ga ada perilaku korupsi yang nyangkut pas emank kita udah bergelut sama yang namanya pekerjaan sama uang.

So anak anak muda(termasuk yang tua ya) supaya belajar dari sekarang buat ga melakukan tindak korupsi kecil kecilan, nanti pasti bisa jadi gede kalo dari muda di biasain buat korupsi. Pokonya JUJUR bos, jujur itu kunci kesuksesan karena bisa di percaya sama orang lain.

By Arief Rachman, Universitas Moestopo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar